HAM

Cara Merawat Body Harness Supaya Tetap Awet

Body harness merupakan salah satu alat yang paling dibutuhkan bagi anda yang akan bekerja dan sedang bekerja di ketinggian, dengan bantuan alat yang satu ini maka anda akan merasa lebih aman dan nyaman saat bekerja di ketinggian tanpa khawatir akan adanya risiko yang akan membahayakan terhadap keselamatan anda. Bahkan, saat ini hampir 100% orang yang bekerja di ketinggian sudah menggunakan alat ini saat memulai pekerjaan diketinggian seperti pekerjaan di gedung pencakar langit hingga pertambangan karena penggunaan alat ini bahkan sudah di atur didalam perundangan keselaman dalam bekerja.

Bentuk dari alat ini sebenarnya sangat sederhana karena terdiri dari tali lebar yang dapat disesuaikan dengan tubuh beserta dengan pengait untuk mengaitkan pada suatu tempat nantinya. Namun, dari bentuknya yang sederhana ini banyak manfaat yang dirasakan oleh banyak pekerja terutama yang bekerja di ketinggian.

Cara Merawat Body Harness

Body harness memang sangat dibutuhkan, namun tahukah anda ternyata banyak pekerja yang mengabaikan perawatannya saat setelah digunakan? Bahkan, dari beberapa kejadian banyak pekerja yang kurang memperhatikan bagaimana cara melakukan perawatan terhadap body harness miliknya tersebut. Bayangkan saja, jika alat yang satu ini kurang perawatan dan mengalami kerusakan atau fungsinya tidak maksimal saat digunakan maka akan sangat sia-sia dan malah membahayakan pekerja tersebut serta tentunya akan menghabiskan budget yang lebih banyak hanya karena kurangnya perawatan saja.

Oleh karena itu, perhatikan beberapa cara perawatannya berikut ini ya!

  1. Bereskan seluruh rangkaian body harness setelah menggunakannya, yang banyak terjadi adalah para pekerja langsung menaruh sembarangan begitu saja saat selesai menggunakan alat ini. Padahal sangat penting sekali untuk memberekan rangkaian body harness mulai dari tali-tali pengikat hingga pengait tambahan yang ada, karena jika ditaruh sembarangan saja maka alat ini akan berpotensi cepat mengalami kerusakan.
  2. Bersihkan full body harness secara teratur setelah menggunakannya, ini adalah hal yang sangat penting untuk anda lakukan dan tidak boleh anda abaikan. Apalagi jika kondisi dari alat ini kotor setelah anda gunakan maka sangat penting untuk langsung membersihkannya. Cukup cuci dengan laturan pembersih dan lakukan penyikatan secara perlahan pada area yang dirasa kotor dan jemur di area yang dirasa sesuai. Jangan tunggu hingga body harness anda kotor sehingga nantinya lama kelamaan bisa menghambat fungsinya.
  3. Simpan ditempat penyimpanan, nyatanya dilapangan banyak yang masih mengabaikan hal ini. Coba anda pikirkan jika alat sepenting ini yang membantu anda dalam bekerja di ketinggian rusak hanya karena anda sembarangan menaruhnya maka anda akan sangat menyesal. Sebaiknya sediakan tempat khusus untuk menyimpan atau sekedar meletakkan alat ini, walau anda sedang berada di lokasi proyek maka usahakan sebaik mungkin untuk membuat tempat penyimpanannya. Bisanya tempat penyimpanan yang banyak ditemukan dapat berbentuk lemari hingga kotak penyimpanan fleksibel sehingga para pekerja akan dapat dengan mudah menaruhnya hingga mengambilnya saat ingin digunakan nantinya.

Cara merawat body harness diatas dapat anda jadikan sebagai referensi dalam perawatan body harness yang anda miliki atau perusahaan anda miliki. Ingatlah jika anda dapat merawat alat yang satu ini maka anda bisa memaksimalkan fungsinya dan tentunya bisa anda gunakan hingga jangka waktu yang lama serta menghemat budget agar dapat dialokasikan untuk hal yang lebih bermanfaat.

 

Dapatkan harga body harness terbaik hanya di temtera.com!

Exit mobile version