HAM

4 Macam Penggunaan Kaca Tempered Yang Tepat Untuk Rumah

Penggunaan kaca pada sebuah rumah kini adalah hal yang umum. Apalagi banyaknya hunian berukuran kecil membuat kaca menjadi material yang paling banyak diminati. Fungsi utama yang dibutuhkan adalah untuk memperlihatkan ruangan menjadi lebih luas. Ada banyak jenis kaca yang digunakan seperti kaca es, kaca cermin, kaca laminated hingga kaca tempered.

Di antara berbagai macam jenis kaca tersebut yang paling banyak penggunaannya saat ini adalah kaca tempered. Kaca jenis memiliki kekuatan yang paling tinggi di antara lainnya. Bentuk dari kaca tempered lebih tebal sampai 5 kali lipat, inilah yang membuatnya menjadi lebih kuat. Tahan terhadap angin, benturan, goresan hingga suhu udara yang tinggi. Tidak heran penggunaannya tidak terbatas untuk didalam ruangan saja.

Perbandingan harga kaca tempered dengan jenis kaca lainnya jauh berbeda. Mengingat kemampuannya yang sangat baik maka harga sedikit lebih mahal. Tidak hanya rumah saja, kaca tempered juga terkenal digunakan untuk gedung bertingkat baik hotel maupun perkantoran.

Macam-Macam Penggunaan Kaca Tempered di Rumah

Bagi Anda yang saat ini sedang memilih material yang tepat untuk rumah, kaca tempered bisa menjadi jawabannya. Ada berbagai macam ukuran ketebalan dari kaca tempered. Perlu diingat juga kaca tempered dijual dalam ukuran yang besar karena tidak bisa dipotong. Pemasangan dari kaca tempered sendiri harus dilakukan oleh seorang ahlinya.

Baca Juga : Pentingnya Pembagian Ruang Kerja Kantor untuk Menambah Fokus

Sebelum pemasangan dilakukan, ada baiknya jika Anda merencanakan dengan matang dimana saja kaca akan digunakan. Tentukan juga budget sesuai dengan harga kaca tempered 12mm atau ukuran yang lebih tipis sesuai kebutuhan pemasangan. Jangan sampai Anda salah memasang kaca tempered yang terlalu tipis pada bagian yang membutuhkan kaca 12 mm.

Berikut ini empat macam penggunaan kaca tempered dalam sebuah rumah yang bisa Anda rencanakan sejak dini.

Anda bisa menggunakan kaca tempered untuk ruang kamar mandi, seperti pintu sekaligus sekat tempat shower atau bathtub. Ada dua jenis kaca tempered yang bisa digunakan yaitu buram dan bening. Khusus untuk ruang kamar mandi ini Anda membutuhkan kaca tempered yang cukup tebal sekitar 8 mm hingga 10 mm.

Penggunaan yang cukup kreatif lainnya adalah sebagai dinding rumah. Hanya saja kaca tempered digunakan sebagai dinding rumah di area yang membatasi dengan taman belakang. Khusus untuk penggunaan dinding maka Anda membutuhkan kaca tempered yang ketebalannya 12 mm. Kaca yang tebal akan lebih kokoh ketika fungsinya sebagai dinding rumah menggantikan dinding bata. Anda bisa menggunakan kaca tempered transparan sehingga ruangan dalam rumah tampak lebih luas.

Penggunaan kaca tempered tidak sebatas dalam ruangan. Kekuatan dan ketahanannya yang tinggi cocok juga digunakan sebagai kanopi pada garasi rumah. Sama seperti dinding, jenis kaca tempered yang digunakan adalah transparan dan juga memiliki ketebalan 12 mm. Kaca dengan ketebalan ini tentunya dibutuhkan agar tahan terhadap perubahan cuaca.

Hunian bertingkat akan tampak mewah ketika Anda menggunakan railing tangga dari kaca tempered. Cukup menggunakan kaca tempered dengan ketebalan 10 hingga 12 mm akan tetap menjaga keamanan. Kaca tidak mudah pecah sekaligus menutupi railing tangga yang biasanya hanya terbuat dari kayu dan mudah rapuh. Khusus untuk railing, harga kaca tempered 12mm terpasang perlu didiskusikan dengan jasa pemasangan karena cukup sulit untuk memasangnya.

Anda bisa juga menggunakan kaca tempered sebagai lantai rumah. Perlu budget yang besar jika Anda akan menggunakan kaca ini di seluruh ruangan. Namun jika hanya kebutuhan estetika saja, cukup memasangnya di ruangan khusus seperti lantai dua atau bagian teras belakang yang dibawahnya terdapat kolam. Dengan begitu Anda bisa memangkas biaya dari harga kaca tempered yang cukup tinggi.

Exit mobile version