Sudah Tahukah Kamu Berbagai Indikator Standar Kebersihan di Rumah Sakit Berikut Ini?

Rumah sakit tentu memiliki standar indikator kebersihannya sendiri. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan dan juga keamanan pasien maupun pihak pegawai rumah sakit. Pasalnya rumah sakit menjadi salah satu tempat dengan banyak potensi penyakit hadir.

Indikator Standar Kebersihan di Rumah Sakit

Mungkin selama ini banyak yang penasaran apa saja indikator standar kebersihan yang ada di rumah sakit. Untuk itu kali ini akan dibahas mengenai ada standar kebersihan apa saja yang hadir di rumah sakit? Berikut beberapa di antaranya.

5 Indikator Kebersihan Umum di Rumah Sakit

Kebersihan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan pihak rumah sakit. Itulah yang membuat setiap rumah sakit memiliki indikator standar kebersihannya tersendiri. Kali ini akan dibahas mengenai indikator kebersihan umum rumah sakit yang akan dijelaskan lewat tulisan d bawah ini.

1. Kebersihan Tempat Tidur Pasien

Pertama adalah terkait dengan kebersihan dari tempat tidur pasien. Pihak rumah sakit harus benar-benar memperhatikan kebersihan dari tempat tidur pasiennya. Apalagi untuk pasien dengan penyakit menular.

Hal ini utamanya berlaku untuk tempat tidur yang akan dilakukan pergantian pasien. Pihak rumah sakit harus memastikan jika tempat tidur tersebut bersih serta terbebas dari kuman ketika ditempati oleh pihak pasien yang baru. Pembersihan ranjang pasien secara menyeluruh diperlukan untuk mengantisipasi hal tersebut.

2. Pembersihan Lantai Secara Berkala

Selanjutnya adalah terkait kebersihan lantai. Harus dipahami jika lantai menjadi salah satu sudut di rumah sakit yang berpotensi menularkan banyak penyakit. Pasalnya setiap hari lantai rumah sakit dilalui oleh banyak orang dengan penyakit yang berbeda-beda.

Untuk itu kebersihan lantai menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan pihak rumah sakit. Salah satu cara untuk menjaga lantai tetap bersih adalah dengan melakukan pembersihan dua kali sehari. Pembersihan juga dilakukan ketika lantai tampak kotor.

Inilah yang membuat pemilihan bahan lantai rumah sakit menjadi penting. Tidak hanya diperlukan lantai dengan bahan yang awet, namun juga mudah dibersihkan. Salah satu bahan lantai yang dinilai cukup baik digunakan adalah vinyl roll. Selain mudah dibersihkan, bahan ini juga terhitung awet.

3. Tempat Sampah Medis

Masalah sampah medis juga menjadi sorotan penting di sini. Pihak rumah sakit harus memastikan sampah medisnya dapat dibuang dengan baik. Jangan sampai peralatan bekas pakai seperti jarum suntik, infus maupun berbagai sampah medis lainnya justru dibuang sembarangan.

Baca ini juga: Intip Interior Desain Kamar Remaja Laki – laki yang Serbaguna Disini!

Hal ini akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang fatal. Apalagi dari jarum suntik biasanya terjadi penularan penyakit-penyakit serius.

4. Penataan Ruangan

Penataan ruang yang tepat diperlukan untuk memastikan ruangan tersebut nyaman serta mudah dibersihkan. Kemudahan untuk membersihkan ruangan inilah yang membuat penataan ruangan masuk ke dalam indikator standar kesehatan.

Perabotan-perabotan yang multifungsi, sederhana namun mudah dibersihkan juga penting di sini. Mulai dari pemilihan bufet, ranjang pasien, lemari pasien sampai vinyl roll lantai yang akan digunakan juga harus dipahami di sini untuk memastikan ruangan mudah dibersihkan dan kebersihan tetap terjaga.

5. Penyimpanan Alat Kesehatan

Selain keempat hal di atas, masih ada satu lagi indikator kebersihan yang harus diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan tempat penyimpanan alat kesehatan. Pihak rumah sakit harus memastikan jika alat-alat kesehatan yang dimilikinya tersimpan di tempat yang rapi dan tentu saja steril.

Ini untuk memastikan keamanan berbagai alat tersebut saat digunakan. Selain itu juga untuk memastikan agar alat-alat tersebut tidak justru terkontaminasi oleh penyakit sebelum digunakan.

Sebenarnya masih ada banyak indikator kebersihan lain yang hadir dari rumah sakit, hal-hal di atas adalah beberapa di antaranya. Memang kebersihan rumah sakit menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan secara menyeluruh.

Mulai dari kebersihan tempat penyimpanan peralatan medis misalnya. Pihak rumah sakit harus benar-benar memberikan tempat yang aman dan steril untuk alat medisnya. Selain itu masalah kebersihan lantai. Lakukan pembersihan secara berkala terhadap lantai rumah sakit. Untuk itu perlu dipilih lantai rumah sakit dari bahan yang mudah dibersihkan seperti vinyl. Ada banyak tempat jual vinyl lantai rumah sakit yang awet serta mudah dibersihkan.