Melihat Lebih Dekat Kebutuhan Ruangan Untuk Yoga

 

Latihan di Ruang Yoga

Jika Anda bosan dengan olahraga luar ruangan seperti bersepeda, lari atau renang mungkin Anda bisa mencoba Yoga. Olahraga ini semakin popular beberapa tahun belakangan. Pertama, karena tidak memerlukan banyak peralatan ribet. Kedua, bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan rumah. Ketiga, meskipun berat gerakanya cukup luwes dan mudah diikuti. Sehingga terkesan santai.

Menyiapkan Latihan di Ruang Yoga

Meskipun yoga sederhana dan bisa dilakukan di mana saja, pada kenyataannya sulit sekali untuk memulai olahraga. Ada beberapa hal yang dapat membantu menstimulus mood saat Anda sedang berlatih yoga. Dijamin yoga akan lebih menyenangkan dan nagih.

1. Aromaterapi atau Difuser Essential Oil

Wewangian tertentu bisa menumbuhkan semangat, membangkitkan konsentrasi, meningkatkan stamina, membuat tubuh lebih santai dan siap melakukan aktivitas berat seperti yoga. Terutama essential oil. Minyak jenis ini menyediakan campuran yang bisa disesuaikan untuk beragam kebutuhan. Jika Anda menggunakannya untuk yoga, berarti Anda butuh campuran beberapa essential oil untuk konsentrasi, stamina dan rasa rileks. Alat diffuser dipakai di tengah-tengah saat Anda berlatih yoga akan menambah kebaikan yoga.

2. Natural Sound

Bebunyian alam selalu memberikan efek tenang dan damai. Bebunyian alam seperti suara burung, suara gemericik air, suara angina yang menggoyangkan dedaunan, rintik hujan, suara sayup-sayup burung bisa jadi pilihan yang diputar secara keras dengan loud speaker. Lebih menyenangkan lagi jika Anda memiliki burung sendiri dan fokus pada suara burung di rumah pada saat yoga. Suara alami akan terasa lebih nyaman di telinga dibanding suara yang datang dari alat perangkat musik.

3. Ruangan Bersirkulasi Udara Baik

Ruangan dengan sirkulasi udara yang baik akan membantu latihan yoga. Karena pada dasarnya gerakan yoga berpusat pada pernapasan. Akan lebih baik jika ruangan latihan Anda dikelilingi jendela kaca besar yang dapat dibuka. Atau jauh lebih asyik, jika Anda mempunyai area teras yang dekat dengan halaman atau kebun rumah.

Baca juga: 5 Trik Cerdas Desain Interior Rumah Ala Korea

4. Ruangan Lantai Kayu

Ruangan Lantai Kayu

Jika Anda memutuskan membuat ruangan khusus untuk yoga sendiri di rumah, pastikan Anda menggunakan lantai kayu sebagai alasnya. Mengapa demikian? Lantai ini cenderung tidak licin dan cocok untuk berlatih yoga. Selain itu, lantai kayu parket tidak bergelombang atau datar. Untuk olahraga lantai seperti itulah yang dibutuhkan.

Jika Anda memilih mengikuti yoga di tempat fitness khusus, pastikan lantai ruangnya terbuat dari lantai parket. Karena lantai parket yang tidak bergelombang akan menyempurkan pose yoga Anda. Produksinya yang banyak juga membuatnya mudah didapatkan.

5. Teman

Untuk waktu singkat di saat Anda betul-betul memerlukan olahraga, yoga bisa menjadi pilihan praktis dan hemat waktu di rumah. Setelah beryoga sendiri secara singkat, Anda bisa memulai apapun aktivitas harian Anda. Namun ada kalanya, saat senggang, yoga sendiri terasa hambar dan membosankan. Berlatih yoga bersama teman akan terasa lebih termotivasi dan beberapa orang lebih konsentrasi yoga saat ada teman. Ajak grup bertiga atau berempat untuk latihan yoga bersama.

Setiap olahraga akan ada hasilnya apabila dikerjakan secara rutin. Yoga pun begitu. Lakukan yoga secara rutin seminggu tiga kali dalam sesi minimal 30 menit sekali olahraga untuk mendapatkan hasil tubuh bugar dan sehat selalu. Lakukan gerakan yoga dengan ahlinya jika Anda belum cukup mahir untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan. Lakukan pemanasan dan pendinginan setiap akan serta habis lahitan yoga untuk menghindari kram. Namaste!