Lakukan Ini! Agar Sambungan GRC Terlihat Lebih Rapi Dan Bagus

Kontruksi rumah saat ini sangat beragam. Proses pembuatan plafon atau partisi rumah dapat memanfaatkan bahan gypsum atau partisi grc. Grc merupakan bahan yang sangat kuat dan sangat cocok digunakan dalam proses pembuatan plafon atau partisi. Secara umum kualitas grc dapat dikatakan lebih baik jika dibandingkan dengan gypsum. Meskipun begitu, grc bukan tanpa kekurangan. Material grc biasanya memiliki ukuran tersendiri sehingga membutuhkan kerja lebih ketika proses pemasangan.

Memasang dan Menyambung GRC

Memasang dan Menyambung GRC

Proses pemesanan GRC biasanya dilakukan langsung atau biasa disebut dengan custom. Pemilik memesan ukuran dan bentuk sesuai keinginan untuk selanjutnya digunakan dalam konstruksi rumah. Sebelum melakukan pemasangan, sebaiknya perhatikan kualitas GRC dan ketebalan pada bahan ini. Setiap GRC memiliki ketebalan berbeda yang disesuaikan dengan fungsinya masing-masing.

Setelah menemukan material GRC, selanjutnya buatlah rangka pada plafon. Rangka ini akan memudahkan proses pemasangan dan pemakuan plafon. Setelah rangka dibuat langkah berikutnya adalah memaku grc serta melakukan sambunga apabila luas area yang akan dipasangi grc masih terlalu luas.

Proses penyambungan ini memerlukan kehati-hatian karena biasanya terjadi keretakan dan membuat partisi grc terlihat kurang rapi. cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatan campuran bahan compound A+B. Bahan ini sebenarnya merupakan campuran tepung gypsum dengan lem kayu.

Compound A+B dibuat khusus untuk merapikan sambungan grc. Cara penggunaannya juga bisa dibilang cukup mudah. Campuran yang telah dibuat silahkan diletakkan pada bagian permukaan grc. Cara ini juga biasa dikenal dengan proses plamir. Dengan cara ini pula permukaan plafon menjadi terlihat lebih rapi dan sambungannya tidak terlihat.

Para tukang sebaiknya memperhatikan penggunaan dan proses pencampuran compound A+B. Bahan ini ternyata sangat mudah kering. Oleh karena itu proses pemsangan dan pencampuran harus dilakukan dengan cepat. Compound A+B akan kering dalam waktu 30-50 menit. Setelah bahan kering maka bahan tidak dapat digunakan lagi.

Baca juga: Sudah Tahukah Kamu Berbagai Indikator Standar Kebersihan di Rumah Sakit Berikut Ini?

Sebaiknya campur bahan ketika pemasangan plafon sudah selesai. Mencmpur bahan lebih awal akan membuat material menjadi tidak berguna dan pastinya menambah biaya produksi. Pemasangan dan sambungan grc memang membutuhkan ketelitian sehingga menghasilkan sesuatu yang maksimal.

Perbandingan campuran komponen A+B addalah 1:1. Pencampuran dilakukan dengan cepat dan langsung digunakan. Pengadukan atau pencampuran material juga harus dilakukan secara merata sehingga mampu meerkat dengan baik. Setelah komponen tercampur secara merata langkah berikutnya adalah memasang compound A+B. Setelah selesai pemasangan maka kalian tinggal menunggu bahan mengering sempurna dengan waktu sekitar 24 jam.

Apabila dibandingkan dengan gypsum, plafon dari GRC lebih kuat meskipun dapat retak ketika pemasangan dan sambungan. Material grc juga dijual dalam bentuk board atau papan. Harga grc board sendiri lebih mahal jika dibandingkan dengan gypsum. Harga ini disesuaikan dengan kualitas yang diberikan. Plafon atau partisi yang terbuat dari bahan grc mampu bertahan lebih lama dan awet jika dibandingkan dengan bahan gypsum.

Secara umum semua bahan membutuhkan teknik dalam pemasangan tersendiri. Baik itu bahan yang terbuat dari gypsum maupun bahan yang terbuat dari grc. Semua bahan memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri sehingga semua pilihan akhirnya kembali kepada individu masing-masing. Tapi khusus untuk grc, sebaiknya perhatikan pada saat pemesanan karena biasanya bahan ini memiliki ukuran tersendiri. Ukuran yang cukup panjang sehingga membutuhkan penyesuaian ketika melakukan pemasangan.