Fungsi Tersembunyi di Balik Penggunaan Karpet Kantor

Karpet Kantor

Dewasa ini, banyak perkantoran yang menggunakan karpet sebagai alas lantai. Bagi kamu yang suka keluar masuk kantor atau memang kerja kantoran tentu menyadari hal ini meskipun memang tidak semua kantor menggunakan karpet. Biasanya perusahaan akan bekerja sama dengan kontraktor kantor dan juga kontraktor interior kantor untuk menentukan warna, jenis dan bahan karpet yang akan digunakan. Hal ini dilakukan agar suasa menjadi semakin indah, meskipun sebenarnya nyaris tidak ada kegiatan di atas lantai.

Jenis Karpet

Ada dua jenis karpet yang biasanya digunakan, yaitu:

1. Karpet Meteran

Jenis ini dapat menyesuaikan ukuran yang dibutuhkan, biasanya berukuran lebar 3,97 – 4m dan panjang 25 – 40m dengan rata-rata ketebalan 6mm.
Contoh berdasarkan jenis bahanya adalah karpet Loop Pile, Cut Pile, Cut Loop-Pile, dan Wilton Collection

2. Karpet Tile

Jenis ini berukuran 0,5 x 0,5 m yang memiliki lapisan karet di bagian bawah sebagai anti slip sehingga memudahkan para pekerja untuk memasangnya.
Contoh berdasarkan jenis bahanya adalah nylon motif, nyon polos, nylon printing, serta polyester motif, polypropylene polos dan motif.

Fungsi Karpet Kantor

Bukan tanpa alasan, ada sejumlah fungsi yang tersimpan dibalik pemasanagn karpet pada sebuah gedung perkantoran. Diantaranya adalah:

  1. Memperindah suasana kantorBanyaknya warna dan motif yang tersedia membuat suasan kantor menjadi lebih indah daripada sekedar lantai biasa.
  2. Salah satu komponen yang memperlengkai tema interior kantor
    Dapat mempertegas tema yang digunakan dengan menyesuaikan warna dan motifnya.
  3. Memberikan kenyamanan bagi pekerja untuk berjalan
    Bentuknya yang empuk dan lembut membuat orang yang berjalan diatasnya menjadi lebih nyaman dan menghindari resiko terpeleset karena licin
  4. Meredam kebisingan
    Karena sifatnya, karpet dapat meredam suara kebisingan seperti kebisingan di lantai atas atau lantai yang berada dibawahnya,  suara hentakan kaki ataupun suara yang berasal dari alat-alat elektronik
  5. Menyembunyikan kabel atau saluran listrik
    Tentu setiap kantor memiliki banyak perangkat yang dihubungkan dengan kabel yang jika tidak ditata dengan baik akan membuat suasana kantor tidak enak dilihat. Para kontraktor kantor biasanya akan meletakkanya di bawah karpet ruangan sehingga ruangan terlihat indah tanpa tumpukan kabel yang berantakan.
  6. Lebih mudah dibersihkan
    Hal ini karena karpet dapat dibersihkan dengan cara disedot menggunakan penyedot debu (vacumm cleaner) setiap hari sehingga jauh lebih mudah dan efektif jika kita bandingkan dengan menyapu dan mengepel lantai untuk area kantor. Cara ini sekaligus meringankan kerja office boy (OB) dan tentu saja juga bisa menghemat waktu.

Setelah melihat fungsi yang ditawarkan, mungkin kamu atau tempat kamu bekerja memutuskan untuk menggunakan karpet ada baiknya untuk memperhatikan 3 poin berikut ini sebelum membeli dan memasangnya.

1. Tentukan Budget

Jangan terburu-buru untuk membelinya. Lebih baik untuk menentukan budget dengan melihat ketersediaan budget yang ada sehingga kamu tidak mengalami kebingungan dan menghindari keuangan menjadi terganggu. Jangan sampai  dana yang tersedia malah habis untuk ini dan pada akhirnya mengganggu kebutuhan lainnya yang jauh lebih penting.

2. Pertimbangkan Biaya Perawatan

Setelah memasang, tentu butuh biaya untuk perawatannya. Pertimbangkan biaya yang dibutuhkan untuk itu. Meskipun hanya butuh alat penyedot debu untuk membersihkannya setiap hari, namun karpet juga harus dicuci secara berkala agar warnanya tetap terjaga dan tahan lama.

Baca juga: Intip Interior Desain Kamar Remaja Laki – laki yang Serbaguna Disini!

3. Pertimbangakn Warna dan Model

Nah, ini poin yang tidak boleh dilewatkan karena akan sangat mempengaruhi suasa kantor. Jangan sampai warn dan model yang dipilih bertabrakan dengan tema yang telah terpasang. Karena oda dasarnya, komponen satu ini berfungsi untuk mempertegas tema bukan mengacaukan tema yang ada.

Jadi, sudah siap untuk memperindah ruangan kantor dengan karpet? Jangan segan untuk  berkonsultasi pada kontraktor interior kantor jika mengalami kesulitan untuk memilih karpet yang sesuai.