Beda Ruangan Beda Jenis Korden Jendela, Sesuaikan dengan Tips Pemilihan Ini!

 

Korden Jendela

Korden jendela merupakan perlengkapan ruangan yang fungsional juga dekoratif. Korden berfungsi sebagai penutup jendela agar kegiatan di dalam ruangan tidak terekspose ke luar, juga sebagai media yang membantu memperindah ruangan. Jika difungsikan sebagai penutup ruangan, Anda dapat memilih korden jenis apapun, tapi jika fungsinya sudah merangkap menjadi pengindah ruangan, maka Anda tidak dapat sembarang memilih. Anda harus menyesuaikan dengan tema dan jenis ruangan.

Tips Memilih Korden Jendela

Dalam memilih korden, ada beberpa tips yang harus Anda perhatikan agar ruangan Anda aman dan tetap indah, yaitu:

  1. Apakah Anda akan memilih warna korden yang menyatu dengan tema rumah atau justru kontradiktif agar memberikan kesan perhatian tersendiri untuk korden. Warna netral adalah warna yang pas bagi ruangan yang membutuhkan pencahayaan yang lebih terang, warna ini juga cocok untuk konsep ruangan minimalis.
  2. Pilihlah korden yang tipis untuk ruangan yang membutuhkan cahaya matahari masuk lebih banyak.
  3. Untuk ruangan tidur pilihlah korden yang gelap dan tebal, hal ini dapat membantu Anda jika kesulitan tidur karena terlalu banyak sinar matahari dan kebisingan dari luar.
  4. Jika Anda termasuk orang yang menyukai gaya kasual, Anda dapat memilih korden yang ringan seperti dari kain linen. Kain linen memiliki tekstur yang dapat menyebarkan cahaya matahari dari luar dengan efisien. Selain kain linen, kain katun juga dapat memberikan kesan kasual dan memberi kesan ruangan yang selalu ceria.
  5. Jika Anda membutuhkan ruang yang sangat privatif, Anda dapat memilih korden yang gelap dan tebal seperti dari bahan kain beludru atau sutra. Selain privatif, kedua jenis kain tersebut juga dapat memberikan kesan formal dan dramatik.

Tipe-Tipe Korden Jendela

Banyak tipe korden jendela yang dapat diaplikasikan di ruangan Anda agar selain fungsional juga tetap mampu mempertahankan keindahan ruangan Anda. Tipe-tipe tersebut diantaranya:

1. Tipe Sheer

Gorden Tipe Sheer

Sheer terbuat dari bahan dasar kain volie umumnya berwana putih polos atau bermotif. Sheer dapat menjaga privasi ruangan tapi dengan cahaya matahari yang optimal. Selain itu sheer juga cocok untuk pelapis gorden jenis apapun dan ruangan manapun.

2. Tipe Rod Pocket

Korden ini didesain untuk jendela yang jarang dibuka, atau difungsikan sebagai pembatas. Tipe ini memiliki bolongan di hulu korden yang berfungsi untuk menggantungkan korden ke batang jendela. Karena sifatnya susah dibuka dan digeser, maka korden ini cocok untuk ruangan yang jarang digunakan.

Baca ini juga: 5 Aspek Penentu Kualitas dan Harga Produk Semen di Pasaran

3. Tipe Draperies

Tipe Draperies

Tipe korden ini merupakan tipe paling dekoratif, karena alasan penciptaan tipe ini juga sebagai dekorasi ruangan. Tipe draperies tampil dengan permukaan yang bergelombang dan menggantung sama panjang. Selain itu lipatan-lipatan pada tipe korden ini seringkali terbuat dari bahan akrilik yang dapat membuat ruangan hangat saat cuaca dingin, meredan suara dan menahan cahaya matahari masuk.

4. Tipe Eyelet

Korden ini adalah korden yang memiliki ring di batang korden yang berfungsi untuk menggantungkan dan menggeser korden. Biasanya tipe ini terbuat dari bahan kain yang ringan. Karena menggeser korden jendela tipe ini tidak sulit, maka akan sangat cocok jika dipasang di kamar anak atau jika bahannya lebih berat sedikit akan cocok dipasang di kamar utama.

5. Tipe Blinds

Anda sering menemukan tipe korden ini dipasang di kantor-kantor atau kelas universitas. Tipe ini tidak cocok diaplikasikan di rumah karena bahannya yang kasar yang biasanya terbuat dari kanvas. Ada tiga jenis korden yang termasuk ke dalam tipe blinds ini, yaitu roller blinds, di mana korden akan menggulung pada batangnya ketika ditutup, horizontal blinds di mana korden akan membentuk lipatan horizontal saat ditutup, dan vertical blinds di mana korden akan mendatarkan bilahnya ke arah vertikal saat membuka.